Dollar Cost Averaging

Dollar Cost Averaging – Cost Averaging adalah salah satu trategi dalam berinvestasi dengan bentuk yang sederhana, dimana kemungkinan pada investor untuk melakuakan investasi secara rutin dan teratur dalam waktu-waktu tertentu. Dari strategi investasi ini dapat membantu dan memudahkan para investor agar waktunya tidak terganggu dan disiplin dalam mengarahkan dana investasi setiap periodenya. Dan para investor tidak perlu lagi mengkhawatirkan harga turun atau naik, mereka akan tetap konsisten dalam berinvestasi.

Berinvestasi, tentunya tidak mudah bagi para investor dapat membaca pergerakkan atau mempredeksi harga intrumen investasi didalam pasar modal. Oleh katenanya, investor harus dan memerlukan strategi yang khusus agar mendapatkan hasil imbal yang sangat optimal.

Biasanya pada investor yang baru saja terjun keduia investasi mempertanyakan kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual dari aset investasi. Ketika investasi reksa dana. Anda bisa melakukan investasi secara rutin tanpa harus memperhatikan nilai intrumen baik baik maupun turunya nilai tersebut. Bila mana kalian yang menabung dengan rutin dalam nilai yang tertentu, maka kalian bisa mencapai tujuan investasi dengan cepat,

Manfaat Cost Averaging
Bila anda mengaplikasikan cost averaging ini, anda bisa mendapatkan manfaat dibawah ini:

1. Ramah dan Mudah untuk Investor Pemula

Cost averaging ini sama seperti anda melakukan kegiatan menabung. Jadi cost averaging ini sangat pas dan cocok untuk para investor pemula dan sangat bagus untuk pengalokasian dana mereka kedalamnya dengan jumlah yang sama dengen situasi apapun. Membantu para investor pemula agar yakin dalam hal berinvestasi.

2. Memperkecil Risiko Berinvestasi

Tentunya semua yang berkegiatan apalagi yang menghasilkan uang memiliki risiko dalam melakukan aktivitasnya. Apalagi dalam hal berinvestasi. Tujuan dari berinvestasi adalah menabung seraya mendapatkan uang juga walaupun slot hanya menjadi passive income tetapi itulah pendapatan dari berinvestasi. Bagi para investor pemula tentunya mereka yang berinvestasi tidak terlalu siap apabila mendapati bahwa nilai investasinya tidak sesuai dengan apa yang dia harapkan.Bahkan bisa merugi bagi para investor pemula. Cost averaging ini memperkecil risiko tersebut agar anda tetap berinvestasi tetap tidak sembarangan melainkan sudah sesuai pengaturan yang sudah ada.

3. Menghindari Fomo

Fomo atau Fear Of Missing Out atau juga bisa diartikan bahwa diri anda takut merasa kehilangan momen atau takut merugi apabila mana ada nilai intrumen yang murah tetapi anda tidak membeli intrumen tersebut dan menyesal lalu membeli dengan rasa emosial anda. Tanpa memikirkan hal apa saja yang akan terjadi apabila itu malah membuatnya merugi.

4. Investasi di Cicil

Cost averaging ini membantu pada investor untuk melakukan investasi walaupun belum memiliki modal untuk berinvestasi seluruhnya. Karena dana yang dibutuhkan sangat besar apabila berinvestasi. Nah mungkin dengan cara dicicil lah bisa melakukan investasi.

5.Menghindari Kesalahan dalam Memilih Waktu yang Tepat

Melakukan investasi secara penuh atau sekaligus memang bisa memberikan keuntungan yang besar. Namun, penting bagi kamu untuk memahami kapan waktu yang tepat untuk melakukannya. Seperti yang kita ketahui, sulit untuk mengetahui dengan pasti titik tertinggi atau terendah dari harga suatu investasi.

Dengan menggunakan metode dollar cost averaging ini, kamu dapat menghindari risiko terlalu terpapar saat membeli pada harga yang tinggi. Jika pasar mengalami koreksi, kamu sudah memiliki sebagian investasi pada saat itu. Bahkan, tanpa perlu terus-menerus memantau pasar, kamu masih bisa melakukan investasi.