• February 26, 2024

Remunerasi

Remunerasi – Istilah ini mungkin sangat asing bagi masayarakat besar umumnya. Tidak banyak orang yang mengerahui arti dari remunerasi. Tetapi, remunerasi ini adakah yang bersangkutan dengan pekerjaan, terutama bagi para pegawai di sektor pemerintahan dan swasta. Remunerasi merupakan hak yang diterima oleh para pegawai dan pihak perusahaan memiliki kewajiban untuk membayarnya.

Sebelum anda menandatangani kontrak kerja dari sebuah perusahaan. Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada kepala bagian sumber daya manusia perusahaan untuk mengetahui manfaat dari remunerasi yang akan anda terima selama bekerja. Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep atau peraturan dari remunerasi. Dibawah ini tersedia penjelasan secara detailnya.

Pengertian Remunerasi

Remunerasi yaitu istilah yang digunakan untuk menggambarkan pemberian sebuah penghargaan,imbalan ataupun bonus kepada seseorang pekerja yang secara rutin bekerja dan memberikan dorongan kontribusi kepada perusahaan atau tempat dimana mereka bekerja. Pemberian ini berhubungan dengan sistem penggajian pegawai. Singkatnya remunerasi ini bisa dianggap adalah bentuk apresiasi berupa uang atau bentuk lain yang diberikan sebagai tanda bahwa pegawai mampu berprestasi dan berkontribusi kepada perusahaan.

Setiap perusahaan mempunyai berbagai macam bentuk apresiasi dalam memberikan jumlah gaji yang berbeda-beda kepada karyawannya. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi perbedaan ini, seperti kemampuan keuangan perusahaan, lama dan pengalaman kerja karyawan, kebijakan serta peraturan internal perusahaan, aturan dan kebijakan pemerintah, serta permintaan dan penawaran tenaga kerja.

Secara keseluruhan remunerasi dapat diterjemahkan sebagai pemberian upah oleh perusahaan kepada karyawan. Pemberian upah ini dapat dimaksudkan sebagai penghargaan dari perusahaan atas kinerja yang telah dicapai. Penting untuk dipahami bahwa upah karyawan ini diberikan setiap bulan atau secara teratur. Dari pengertian ini, dapat disimpulkan bahwa pemberian upah ini disangkutkan dengan lapangan kerja,

Beberapa Faktor Besar Kecil dari Remunerasi:

1. S.O.P Perusahaan

Didalam perusahaan itu sendiri tentunya mempunyai sebuah peraturan slot yang dimana itu tidak bisa diganggu gugat oleh pegawai atau karyawan yang sudah masuk dan bekerja didalam perusahaan. Dan tentunya dalam memberikan sebuha Remunerasi kepada karyawan sudah diatur dan biasanya tergantung dari kinerja si pegawai tersebut.

2. Kontribusi dan Kinerja

Tentunya dengan remunerasi ini tidak diberikan kepada sembarang atau asal-asalan karyawan saja. Melainkan remunerasi ini diberikan kepada pegawai atau karyawan yang memberikan kontribusi dan kinerja yang besar kepada perusahaan. Tentunya dengan penilaian dari pada seorang pemilik perusahaan kepada pegawainya.

3. Prestasi dan Value

Maksud value disini adalah karyawan atau pegawai tersebut memiliki kontribusi kepada perusahaan yang dimana hanya dia yang baru saja bisa melakukan sebuah uji coba lalu berhasil dan mendapatkan apresiasi dari perusahaan. Dan tentunya dengan begitu pegawai tersebut mendapatkan penghargaan dari perusahaan,

4. Golongan Pegawai

Dari faktor-faktor yang ada diatas gologaan pegawai ini dimasukkan kedalam daftar karena memang benar apabila tidak terlalu terlihat berkontribusi mungkin dengan lama bekerja atau bisa disebut loyal kepada perusahaan ,biasanya perusahaan akan memberikan penghargaan juga ,tidak menuntut kemungkinan juga kepada karyawan baru yang sudah bisa memberikan kontribusi yang besar kepada perusahaan.

Yang diatas barusan adalah faktor hasil yang didapat besar atau kecilnya remunerasi, dibawah ini adalah jenis yang harus dipahami:

1. Upah atau Gaji

Upah atau Gaji ini ada dan diberikan secara teratur dan tetap kepada setiap karyawan yang bekerja dengan baik dan benar. Upah ini juga termasuk kedalam bagian remunerasi karena ini sebagai bentuk bahwa pegawai tersebut bekerja kepada perusahaan. Dan Terbentuk sebagai pembayaran tetap. Ada yang bayarannya terhitung perjam dan ada yang terhitung harian.

2. Komisi

Komisi adalah pendapatkan yang didapatkan oleh pegawai atau karyawan yang diberikan oleh perusahaan, yang dimana pegawai atau karyawan tersebut mampu dan menyelesaikan tugas yang diberikan kepada pegawai.

Selain itu, Remunerasi juga memiliki kelebihan lain dalam bentuk kompensasi tidak langsung atau tambahan, baik berupa imbalan finansial maupun non-finansial. Dan bagian ini disebut dengan tunjuangan.

1. Tunjangan Hari Raya
2. Lembur atau tambahan waktu kerja
3. Asuransi Kesehatan
4. Pesangon
5. Cuti Kerja