Duopoli

Duopoli -Dalam dunia ekonomi dan politik, istilah duopoli mungkin cukup dikenal. Ini disebabkan karena biasanya melibatkan peran pemerintah dalam suatu negara. Apabila kita melihatnya secara keseluruhan, duopoli dapat dijelaskan sebagai situasi di mana terlibat dua pihak. Mungkin bagi Anda yang sering terlibat dalam urusan pemerintahan dan ekonomi, istilah tidak asing lagi.

Bagi kebanyakan orang yang tidak terlibat secara langsung dalam bidang ekonomi atau pemerintahan, mereka mungkin tidak familiar dengan istilah “duopoli” atau mungkin hanya mengetahui istilah tersebut tanpa benar-benar memahami apa arti sebenarnya dari duopoli. Dalam kesempatan ini, kita akan mengulas lebih rinci tentang , termasuk pengertian dan ciri-cirinya.

Pertama yang harus kita pelajari ialah pengertian dari pada . Duopoli ini adalah suatu struktur pasar yang dimana ini hanya terdiri dari dua produsen atau hanya penjual saja. Hal ini dibentuk dan akan terjadi bentuk yang di namakan oligopoli yang mana ini akan menjadi komponen bagi pelayanan dan penjualan yang banyak pembelinya serta mengerjakan produk barang dan jasa untuk saling bersaing nantinya.

Duopoli akan menjadi sesuatu yang mengharuskan dua produsen slot dalam satu pasar saling ketergantungan yang sangat strategis yang dimana ini akan menjadi keputusan bisnis bersama yang dimana untuk menetapkan sebuah harga pada suatu produk dan apa yang akan diproduksikan.

Hasil yang akan dikelaurkan dari pada duopoli ini tergantung dari jenis dan produksi bisnis apa yang dipersaingkan. Sebagai contoh Cournot dasar yang akan dipersaingkan dan hasil yang akan dipersaingkan dari pada model ini adalah kuantitas dari akan menghasilkan harga yang tinggi diantara pasar monopoli dan pasar sempurna. Biasanya dua produsen ini akan mencari cara bagaimana mendapatkan kekuatan didalam pasar serta keuntungan yang akan menjadikan kedua produsen tersebut kolutif.

Ada dua jenisĀ  yang ada pada duopoli ini yang mungkin bisa kita pahami secara seksama dan menjadi sumber pengetahuan:

1. Duopoli Cournot
Jenis Cournot ini diambil dari nama soarang matematikawan dan filsuf asal perancis yaitu Antoine Cournot. Duopoli cournot adalah persaingan yang ada dipasar yang dimana bersaing berdasarkan kuantitas. Penjelasannya, persaingan yang menghasilkan output. Di dalam gal ini, kedua perusahaan atau produsen akan memproduksi pada tingkat yang dapat memasimalkan keuntungan dan memilih output secara bersamaan.

Setiap perusahaan akan menghasilkan barang sesuai dengan kualitas pesaing dan permintaan pasar. Kedua perusahaan akan berasumsi bahwa tingkat persaingan tetap tidak berubah. Dalam jenis duopoli cournot, asumsinya adalah para pemain tidak akan mengalami perkembangan. Ketika pasasr mencapai keseimbangan, masing-masing perusahaan tidak akan memiliki dorongan untuk mengubah produksi atau harga.

2. Duopoli Bertrand
Seorang matematikawan dan ahli ekonomi asal perancis mengritik dasar dari pada persaingan model cournot. Menurut ahli matematika dan ekonomi ini persaingan itu tidak ditentukan oleh seberapas besar jumlah produksi , persaingan adalah soal harga.

Duopoli Bertrand didalmnya terdapat penjelasan yang berisi, setiap perusahaan dianggap memiliki pendangan bahwa pembeli yang akan memilih dengen perusahanaan yang menawarkan harga terbauj dan paling murah, karena produk yang ditawarkan dipasar identik.

Oleh sebab itu, ketika sebuah perusahaan menurunkan harga,pasti perusahaan lain akan mengikutinya dengan menurunkan harga jual. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan karena untuk menghindari kehilangan mangsa didalam pasar. Penurunan harga yang dilakukan oleh sebuah perusahaan biasanya memicu peperangan harga dalam pasar.