Drupal CMS

Drupal CMS – Bila anda sudah disini itu berarti anda akan segera membaca dan memahami bahwa apa itu drupal,meskipun anda seorang pemula, tentu saja anda bisa mempejarinya dari artikel ini. Mungkin tidak sebaik dan sebagus bacaan diluar sana,penjelasan disini bisa anda simak terlebih dahulu agar nantinya anda bisa melakukan praktik langsung sekaligus membaca cara dan fungsi dari pada Drupal ini.

Drupal adalah Drupal sistem pengelola konten yang gratis dan sangat terkenal dikalangan para web developer,yang dibuat dengan bahasa PHP. Drupal ini diciptakan pada tahun 2000 oleh seorang mahasiswa asal Belgia, sampai saat ini Drupal sudah banyak dipakai dan digunkana oleh web developer untuk sebuah website yang sangat ramai di internet seperti, WhiteHouse.gov, Weather.com, dan lain-lain. Karena Hal ini Drupal dianggap menjadi pesaing WordPress dan Joomla.

Drupal adalah salah satu sistem pengelolaan konten open source yang banyak digunakan oleh para web developer. Dibangun dengan bahasa pemrograman PHP, platform ini memiliki popularitas yang tinggi. Dibuat pada awal tahun 2000 oleh seorang mahasiswa Belgia, kini Drupal telah digunakan oleh beberapa situs terkemuka seperti WhiteHouse.gov, Weather.com, dan lain-lain. Ia sering dianggap sebagai pesaing WordPress dan Joomla, yang juga merupakan CMS populer.

Drupal dan WordPress

Perbandingan antara Drupal dan WordPress menunjukkan bahwa Drupal memiliki fitur dan fungsi yang lebih kaya dibandingkan dengan WordPress. Meskipun terkadang dianggap rumit oleh beberapa pengembang website, kompleksitasnya memunculkan beragam fungsi lanjutan yang bermanfaat sesuai kebutuhan pengguna.

Fungsi Drupal

Drupal lebih siap untuk menangani beragam template halaman atau jenis konten, dan memberikan keleluasaan akses pengguna yang lebih besar daripada WordPress. Hal ini memungkinkan dukungan bagi banyak pemilik kepentingan dalam satu website.

Namun, WordPress memiliki keunggulan dalam ketersediaan tema dan plugin yang lebih beragam dan mudah dikelola oleh pengguna tanpa perlu kemampuan pengembangan tingkat lanjut. WordPress awalnya dirancang sebagai platform blogging, sementara Drupal memiliki kemampuan lebih untuk menangani konten dengan jumlah besar dan proyek yang kompleks.

Dengan demikian, pilihan antara Drupal dan WordPress tergantung pada kebutuhan dan tingkat kenyamanan pengguna dalam mengembangkan website mereka. Jika kemampuan pengembangan tingkat lanjut diperlukan dan proyeknya kompleks, Drupal dapat menjadi pilihan yang lebih cocok, sedangkan WordPress cocok untuk pengguna yang ingin membangun website dengan cepat dan mudah tanpa kebutuhan pengembangan yang mendalam.

Kemudahan dalam Penggunaan

Drupal tidak begitu kompleks dalam penggunaannya, tetapi pada tahap awal pembelajaran, mempelajari cara menggunakannya bisa menjadi tantangan. Dibutuhkan lebih banyak keahlian teknis daripada WordPress, namun hasilnya adalah website yang lebih canggih.

Jika Anda memiliki pengetahuan terbatas tentang pengembangan website daftar slot, WordPress bisa menjadi pilihan yang lebih mudah dipahami dan cocok untuk pengembangan website Anda. Seringkali, para pengembang akan membangun dan menyesuaikan situs WordPress dan kemudian menyerahkannya kepada klien untuk pengelolaan selanjutnya. Anda dapat membuat blog dalam beberapa menit di WordPress hanya dengan pengetahuan dasar. Terdapat pula editor WYSIWYG dan fungsi drag-and-drop yang memudahkan Anda dalam memulai blogging atau melakukan pembaruan website.

Drupal maupun WordPress sama-sama memiliki komunitas pengguna yang aktif. Mereka menyediakan dokumentasi serta dukungan untuk membantu pengembang mengatasi pertanyaan-pertanyaan teknis yang mungkin timbul. Peningkatan pada Drupal 8 telah membuat platform ini lebih ramah pengguna bagi para pengembang, penulis konten, dan pihak lain yang menggunakan platform tersebut.

Keamanan Drupal

Keamanan adalah faktor krusial yang membedakan Drupal dan WordPress secara signifikan. Drupal sering dianggap oleh banyak developer sebagai Content Management System (CMS) yang aman, mampu menyediakan laporan keamanan yang mendalam. Bukti dari keamanan Drupal dapat dilihat dari penggunaannya oleh situs-situs penting seperti website pemerintahan, misalnya whitehouse.gov.

Perlu dicatat bahwa dengan hadirnya Drupal 8, dukungan untuk Drupal 6 telah dihentikan. Ini berarti jika ada masalah keamanan baru yang tak terduga, Drupal 6 menjadi rentan karena tidak lagi mendapatkan update dan perbaikan keamanan.