Database Terpopuler

Database Terpopuler РDatabase merupakan suatu koleksi informasi yang tersimpan secara teratur dan sistematis dalam komputer. Informasi ini dapat dikelola menggunakan berbagai macam perangkat lunak yang disebut sebagai Sistem Manajemen Basis Data. Umumnya, data dalam database disusun dalam bentuk tabel, skema, objek, view, dan query, bergantung pada jenis data yang digunakan.

Sistem Manajemen Basis Data (Database Management System – DBMS) adalah sebuah perangkat visual yang membantu pengguna untuk dengan mudah dan cepat membaca, mengubah, mengorganisir, dan menghapus data yang tersimpan dalam database.

Contoh Database Terpopuler di Dunia
Saat ini, terdapat 343 database di dunia. Oleh karena itu, memilih database yang sesuai untuk keperluan Anda bisa menjadi tugas yang membingungkan.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang 10 database yang paling sering digunakan di seluruh dunia berdasarkan data dari Statista.

1. Oracle
Contoh database – Oracle

Oracle adalah sistem pengelolaan database relasional yang didirikan di California pada tahun 1977. Basis data ini menjadi favorit utama bagi perusahaan-perusahaan besar karena kemampuannya dalam mengelola jumlah data yang besar dengan efisiensi dan kompleksitas yang diperlukan untuk berbagai kebutuhan.

Oracle termasuk dalam kategori sistem basis data yang memerlukan pembayaran dan dikenal sebagai server basis data yang terkenal untuk digunakan dalam jaringan dan internet. Di Indonesia, beberapa perusahaan yang menggunakan database Oracle antara lain:

– Telkom Indonesia
– Telkomsel
– Pertamina
– PLN

Selain itu, beberapa perusahaan multinasional juga mengandalkan database Oracle, seperti:

– Netflix
– Linkedin
– Ebay
– MIT

2. MySQL
Contoh database – MySQL

Secara umum, MySQL banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan website daftar slot perorangan maupun korporat. Sebagai sistem pengelolaan database relasional (RDBMS), MySQL mampu mendefinisikan hubungan antar data dengan lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kecepatan website.

Yang menarik, MySQL dapat digunakan secara gratis tanpa perlu membeli lisensi, sehingga sangat cocok untuk pengembang yang ingin memperdalam ilmu mengenai basis data.

Beberapa perusahaan besar yang menggunakan database MySQL meliputi:

– Uber
– Airbnb
– Facebook
– Twitter
– Amazon
– Udemy
– Pinterest

Inilah beberapa contoh database populer di dunia, dan masing-masing memiliki keunggulan dan kegunaan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Parafrase:

3. PostgreSQL

PostgreSQL adalah salah satu jenis dari Sistem Manajemen Basis Data Relasional (RDBMS) yang bersifat open-source dan menjadi favorit di kalangan para developer.

Karena bersifat open-source, PostgreSQL memungkinkan pengguna untuk melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan mereka. Database ini mempunyai empat bahasa prosedural yang terpisah menjadi dua kategori, yaitu bahasa standar dan bahasa non-standar.

Bahasa prosedural standar dalam PostgreSQL mencakup:

1. PL Perl
2. PL pgSQL
3. PL/Python
4. PL Tcl.

Selain itu, terdapat pula bahasa non-standar, antara lain:

1. Ruby, PL V8
2. PL/PHP
3. PL/Java
dan lain-lain.

Dikarenakan PostgreSQL menyediakan berbagai pilihan bahasa prosedural yang dapat digunakan, penggunaannya pun memiliki variasi yang sangat luas. Saat ini, banyak perusahaan besar dari berbagai industri yang mempercayakan PostgreSQL sebagai basis data mereka, seperti:

1. Yahoo
2. Skype
3. Afilias
4. MySpace
5. Instagram
6. Spotify
7. Twitch
8. Reddit

4. MongoDB

MongoDB adalah salah satu basis data yang berkonsep NoSQL, berbeda dengan sebagian besar basis data dalam daftar ini yang menggunakan Structured Query Language (SQL).

Konsep NoSQL pada MongoDB memungkinkan penyimpanan data tanpa menggunakan tabel, melainkan dengan format dokumen yang menyerupai JSON.

Para developer tertarik dengan MongoDB karena berbagai fitur menarik yang ditawarkannya, seperti skalabilitas otomatis, kinerja tinggi, dan ketersediaan tinggi. Untuk mengelola proses CRUD, agregasi, indeks, dan lainnya, MongoDB menggunakan bahasa pemrograman Javascript.

Beberapa perusahaan besar yang menggunakan MongoDB sebagai basis data mereka antara lain:

1. LaunchDarkly
2. Lyft
3. Delivery Hero
4. KAVAK
5. Stack